Manfaat Sawo Untuk Kesehatan

Manfaat Sawo Untuk Kesehatan
===================================




Sawo merupakan salah satu buah yang bisa di buat obat herbal seperti Obat Titan Gel yang digemari dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Ciri khasnya adalah daging dan juga kulit sawo yang berwarna coklat senada. Pada bagian dalamnya terdapat biji berwarna hitam dan memiliki tekstur keras. Ciri lain yang paling kentara adalah adanya getah berwarna susu pada seluruh bagian pohonnya, baik itu daun, batang dan juga buah yang masih segar.

Buah sawo memiliki citarasa manis dan mengandung banyak air. Buah jenis ini banyak dikonsumsi karena dipercaya memiliki khasiat menyehatkan. Namun sayangnya, banyak orang yang belum tahu jika kulit sawo memiliki khasiat yang tak kalah dibanding buahnya.

kulit sawo, khasiat kulit sawo, manfaat kulit sawo

Kulit sawo yang selama ini dibuang begitu saja dan dianggap sebagai sampah ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat dari kulit tipis berwarna coklat ini??? Mari Kita simak ulasan dibawah ini.
1. Sebagai obat Disentri

Disentri merupakan penyakit yang ditandai dengan rasa mulas, berak cair dan juga berlendir. Penyakit pencernaan yang satu ini memang kerap menyiksa. Apalagi penderita akan merasakan mulas dan melilit hingga mengeluarkan keringat dingin. Namun, sekarang Anda tak perlu khawatir karena kulit buah sawo dapat menyembuhkan penyakit disentri.

Cara mengobati disentri dengan kulit buah jenis ini pun cukup mudah. Pertama-tama, sediakanlah 8 buah sawo muda, cuci hingga bersih kemudian kunyahlah pelan dengan garam secukupnya, kemudian telanlah sedikit demi sedikit agar tidak tersedak, lalu minumlah air hangat. Lakukan penggunaan ini 2 kali setiap hari.
2. Mengobati Diare

Diare merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan terjadi apabila kita buang air besar secara terus menerus atau sering disebut mencret, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja bisa mengakibatkan badan lemas karena kekurangan ion dalam tubuh. Dengan menggunakan kulit sawo ini bisa dijadikan penangkal diare. Bagaimanakah penggunaannya???

Pertama, ambilah 1 buah sawo muda, kemudian parut lalu peras dengan menambahkan sedikit air matang pada parutan sawo. Minumlah ramuan ini 2 kali setiap hari. Untuk hasil lebih cepat, Anda juga bisa menambahkan sedikit daun sawo yang dihaluskan.
3. Mengobati Penyakit Paru-Paru

Penyakit paru-paru adalah penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani dengan benar. Biasanya orang mengkonsumsi obat selama berbulan berturut-turut tanpa henti untuk mengobatinya. Namun tentunya, proses pengobatan seperti ini akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh.

Nah, jika Anda menginginkan pengobatan alami penyakit paru, kulit sawo mungkin bisa menjadi solusinya. Kandungan tanin di dalamnya dipercaya mampu mengobati paru tanpa menimbulkan efek samping berarti bagi tubuh.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus irisan sawo beserta kulitya yang masih muda selama 15 menit. Setelah itu, minum airnya 2 kali dalam sehari. Akan tetapi, jika tak menyukai rasanya yang sepat, Anda juga bisa mencoba alternatif pengobatan dengan cara memakan buah sawo masak bersama kulitnya.
4. Mengobati Demam

Demam merupakan penyakit yang sudah lumrah. Namun, jika tak segera diatasi demam dapat berakibat fatal terutama jika si penderita masih berusia anak-anak. Nah, kulit sawo yang biasanya dibuang begitu saja ternyata juga bisa mengatasi demam loh! caranya, rebus sawo beserta kulitnya (entah yang muda atau yang tua). Jika sudah mendidih, saring dan minum dua kali sehari hingga demam sembuh.
5. Mencegah Kanker

Kandungan yang terdapat pada kulit sawo seperti anti oksidan, vitamin A dan serat sangat efektif dan alami untuk mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Penggunaannya pun cukup mudah dengan cara rutin mengkonsumsi buah sawo beserta kulitnya setiap 2 hari sekali.Namun, pastikan dulu sawo yang Anda konsumsi sudah bebas pestisida. Hal ini dikarenakan sawo yang mengandung pestisida justru menjadi pemicu kanker.
6. Menutrisi Kulit agar Kulit tetap Sehat

Vitamin A, C dan E yang terdapat pada kulit sawo dapat menutrisi kulit agar tetap sehat dan membuat kulit agar tetap awet muda. Dengan cara sering mengkonsumsi buah sawo kulit akan terhindar dari proses penuaan dini.
7. Memelihara Kesehatan Mata

Mata adalah aset terpenting yang harus kita rawat. Jika kesehatan mata kita terganggu aktivitas apapun akan mengalami hambatan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk perawatan mata salah satunya adalah menggunakan kulit sawo yang terdapat kandungan vitamin A didalamnya. Bagaimana cara penggunaanya??? dengan mengkonsumsi secara teratur buah sawo maka kesehatan mata kita akan terpelihara.
8. Mencegah terjadinya Infeksi

Jika tubuh terkena infeksi maka sulit untuk disembuhkan, apalagi infeksi yang bersifat berbahaya ini dapat menimbulkan kematian pada penderitanya. Ada berbagai macam obat yang dapat digunakan untuk penyembuhan. Salah satu diantaranya menggunakan kulit sawo kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya dapat menjadi benteng perlawanan radikal bebas yang masuk pada tubuh ini dapat mencegah terjadi infeksi.
9. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah sawo ini dapat membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh. Hal ini sudah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan.

Komentar